Contact Us

Gantry Crane dan Kegunaannya!

Gantry Crane dan Kegunaannya!
04-02-2023
Konstruksi baja


Apa itu gantry crane?


Pada dasarnya, gantry crane merupakan pesawat angkat yang didesain khusus untuk mengangkat barang atau objek dengan bobot yang luar biasa berat. Alat ini bentuknya mirip seperti overhead crane dengan bridge horizontal tunggal atau ganda yang dipasang pada dua kaki sehingga membentuk layaknya sebuah frame pintu.
Dalam industri berat, gantry crane menjadi salah satu alat yang sangat penting. Namun berbeda dengan overhead crane, alat angkat yang satu ini hanya digunakan khusus untuk kebutuhan outdoor. Fungsi gantry crane sebagai pelengkap alat angkat yang lain juga membuat alat ini biasa dipasang di bawah overhead bridge crane yang telah ada.
Namun berbeda dengan bridge crane, gantry crane tidak harus selalu dipasang pada struktur bangunan. Komponen gantry crane dapat dibangun pada struktur yang non permanen. Hal inilah yang membuat alat ini menjadi begitu fleksibel dan mudah untuk dipindahkan. Mengingat struktur komponen gantry crane yang seperti ini, biaya materialnya juga relatif lebih rendah daripada bridge crane.


Baca Juga: Struktur Material Baja

Gantry crane tidak begitu terikat dengan lokasi. Alat ini mampu bergerak lebih bebas karena roda yang ada di kaki-kakinya. Meskipun demikian, dibutuhkan clearance area yang cukup luas untuk dapat mengoperasikan alat ini. Karena alasan tersebut, fungsi gantry crane akan menjadi lebih terasa saat digunakan di outdoor.
Gantry crane juga merupakan crane overhead yang memiliki balok overhead yang didukung oleh kaki berdiri bebas dan bergerak di atas roda, trek, atau sistem rel yang membawa jembatan, troli, maupun kerekan. Bengkel, gudang, galangan barang, rel kereta api, serta galangan kapal pun menggunakan gantry crane sebagai solusi pengangkatannya.
Kapasitas angkat gantry crane berkisar dari beberapa ratus pon sampai beberapa ratus ton. Mereka menyediakan sarana yang sangat efisien dan ekonomis untuk mengangkat dan memindahkan material, dan peralatan dari berbagai ukuran dan berat.

Apa jenis Gantry Crane?


Gantry crane dirancang dalam gaya yang variatif dengan kapasitas beban dan pengangkatan yang berbeda. Berbagai macam bentuk dan ukurannya membuat granty crane mudah beradaptasi untuk semua jenis penggunaan industri. Perbedaan antara kategori gantry crane tergantung pada ukuran crane, konfigurasi girder, troli hoist, dan hoist.
Meskipun gambar gantry crane biasa merupakan salah satu cara pengangkatan permanen yang tidak dapat dipindahkan, terdapat versi gantry crane yang portabel dan bergerak di mana crane dipindahkan ke barang yang akan diangkat. 


Berikut beberapa jenis Gantry Crane, yaitu :

1. Full Gantry Crane
Full Gantry Crane merupakan konfigurasi normal gantry crane dengan balok silang, kaki, dan kerekan, yang dapat berjalan di atas roda, rel, maupun lintasan. Mereka dapat mobile dan portabel tergantung pada berapa besar ukurannya.

2. Semi Gantry Crane
Semi Gantry Crane memiliki satu kaki yang menggunakan balok I yang dipasang di dinding untuk menopang sisi lain crane. Komposisi crane semi-gantry meliputi jembatan, troli, mekanisme crane, dan kerekan. Crane semi-gantry merupakan kombinasi dari overhead dan gantry crane yang dipasang di dalam dan di luar ruangan. Pada banyak kasus, granty crane dipasang di bawah crane overhead untuk meningkatkan efisiensi kerja tanpa mengganggu pengoperasian crane overhead.


Baca Juga: Tips Pondasi Rumah Kokoh

3. Truss Gantry Crane
Truss gantry crane mengacu pada jenis girder, kaki, dan balok silang dari crane yang terbuat dari poros yang saling terhubung. Troli berjalan di atas truss girder dan mungkin memiliki kabin pengemudi. Truss gantry crane berbobot sangat ringan dengan tekanan roda kecil. Mereka memiliki kapasitas angkat lima hingga seratus ton dan memiliki ketinggian dan rentang angkat yang berbeda. Terlepas dari konstruksi gelagar dan rangka, gantry crane truss bisa dirancang sebagai salah satu dari berbagai jenis crane gantry.