Contact Us

Fungsi Tiang Lampu Jalan

Fungsi Tiang Lampu Jalan
29-01-2023
Konstruksi baja
Saat melintasi jalan umum tentunya Anda akan sering menjumpai bollard di sisi-sisi dan median jalan. Tiang jenis ini adalah tiang PJU (Penerangan Jalan Umum) yang digunakan untuk mendukung penerangan jalan. Komponen ini merupakan fasilitas rancang jalan berupa fasilitas penerangan yang dipasang untuk mencapai keselamatan, ketertiban dan kepadatan lalu lintas, serta kenyamanan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas khususnya pada malam hari. Mari pelajari lebih jauh tentang menara lampu PJU dengan menyimak pembahasannya di bawah ini


Baca Juga: Tips dalam Memilih PJU

Apa itu tiang lampu jalan?


Lampu Jalan Umum atau disebut juga dengan Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah lampu yang digunakan untuk penerangan jalan pada malam hari agar memudahkan pengguna jalan untuk lebih melihat jalan yang akan dilintasi pada malam hari, sehingga meningkatkan keselamatan dan keamanan jalan.
Secara sederhana, PJU adalah Penerangan Jalan Umum yang dipasang untuk kepentingan masyarakat umum guna memudahkan pengguna jalan dalam melaksanakan pekerjaannya dengan aman dan nyaman. PJU ini dapat membantu pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara kendaraan bermotor untuk lebih melihat jalan yang harus mereka lintasi di malam hari. Sehingga keselamatan jalan dapat ditingkatkan.

Apa fungsi tiang lampu jalanan?


Fungsi  dari tiang lampu jalanan antara lain, yaitu:

• Fungsi pencahayaan
Cahaya yang dihasilkan oleh lampu dapat menciptakan kontras antara objek dan permukaan jalan. Sehingga pengguna jalan memiliki pandangan yang baik terhadap kondisi sekitar jalan.

• Fungsi keamanan
Bisa dibilang ini adalah fungsi yang paling penting. Ketika pengemudi dapat dengan jelas melihat kondisi di sekitar jalan, itu juga membuat navigasi jalan menjadi lebih mudah, sehingga lalu lintas dapat berjalan dengan lancar dan aman. Selain itu, penerangan jalan yang lebih baik telah membantu mencegah penjahat mengambil keuntungan dari kegelapan malam. Terutama untuk perlindungan pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor.

• Fungsi ekonomi
Jika penerangan jalan cukup terang dan cukup, maka arus transportasi dapat lancar dan angkutan barang dapat dilakukan dengan lebih cepat. Tentunya hal ini juga dapat membantu memperlancar distribusi barang dan meningkatkan perekonomian.


Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Baja

• Fungsi dekorasi
Fungsi dari tiang lampu yang terakhir ini mungkin masih belum diketahui oleh sebagian orang. ternyata juga bisa menjadi bagian dari dekorasi kota yang menghiasi jalanan. Syaratnya, desain tiang lampu yang dihadirkan harus unik agar menimbulkan kesan keindahan.