Contact Us

Keunggulan Baja dalam Konstruksi!

Keunggulan Baja dalam Konstruksi!
28-01-2023
Konstruksi

Apa itu Baja?


Baja merupakan logam paduan berbahan dasar besi. Besi murni memiliki sifat kurang kuat dan mudah terkorosi, namun memiliki tingkat keuletan yang tinggi. Logam besi baja digabungkan dengan berbagai elemen lain, termasuk karbon, untuk memodifikasi karakteristiknya. Baja merupakan logam yang sangat penting dalam dunia konstruksi. Ini karena penggunaan baja yang ekstensif.
Seperti yang telah disebutkan di atas, baja memiliki tingkat keawetan yang sangat tinggi sehingga banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Dalam dunia konstruksi, semakin banyak kekuatan yang dimiliki suatu material, semakin baik pula material tersebut.

Baca Juga: Konstruksi Baja

Apa saja keunggulan baja?


Karena dalam dunia konstruksi, sebagian besar peralatan yang dibangun akan terkena air dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan korosi atau kerusakan lainnya. Jika suatu material memiliki kekuatan yang tinggi, maka material ini akan banyak digunakan.
Baja merupakan material yang sangat tahan air sehingga penggunaannya dalam dunia konstruksi sangat luas dan dapat digunakan di segala bidang.

Berikut kegunaan baja dalam pembuatan perkakas, antara lain :

1. Konstruksi bangunan
Salah satu kegunaan yang dimiliki baja yaitu konstruksi bangunan. Banyak jenis gaya yang digunakan dalam konstruksi bangunan, tetapi baja tidak dapat ditinggalkan. Ini karena daya tahannya yang tinggi dan sangat mumpuni dalam kebutuhan konstruksi. Tidak hanya itu, jenis baja juga banyak sehingga penggunaannya juga luas. Jenis baja yang banyak digunakan dalam konstruksi adalah baja ringan. Baja ringan adalah baja yang memiliki kekuatan tinggi tetapi bobotnya ringan. Artinya banyak digunakan untuk konstruksi atap suatu bangunan.

Baca Juga: Jenis dan Komposisi Baja

2. Pengembangan sarana transportasi
Salah satu kegunaan baja yang dapat ditemui dengan mudah adalah pada konstruksi struktur transportasi. Salah satu struktur publik dalam dunia transportasi yang dibangun dengan baja adalah rel kereta api. Seperti yang kita ketahui bahwa rel kereta api merupakan rel yang akan terkena panas dan juga hujan. Oleh karena itu konstruksinya membutuhkan material yang tahan panas dan anti karat seperti baja.
Selain untuk membuat struktur transportasi seperti rel kereta api, baja juga dapat digunakan untuk membangun struktur transportasi lain seperti jalan raya. Saat ini dalam pembangunan jalan raya atau jalan raya pada umumnya sering digunakan beton sehingga diperlukan rangka untuk pembuatannya. Baja merupakan bahan rangka yang banyak dipilih karena penggunaan baja yang sangat besar dan juga daya tahannya yang tinggi.