Contact Us

Manfaat dan Komponen Gantry Crane

Manfaat dan Komponen Gantry Crane
04-02-2023
Gantry crane

Apa saja Manfaat gantry crane ?

Sistem dasar penggunaan alat ini adalah mengangkat beban dengan bobot yang sangat luar biasa, sistem kerjanya tidak jauh dengan alat angkat lainnya. Bentuknya seperti derek gantung atau disebut juga platform pengangkat. Gantry crane didesain sangat mirip dengan overhead crane yang memiliki 2 outrigger di kanan dan kiri yang berbentuk seperti pintu.

Jika overhead crane banyak digunakan dan dipasang di dalam ruangan, maka alat ini lebih banyak digunakan untuk keperluan outdoor. Namun kedua alat tersebut sebenarnya juga saling berkaitan, penggunaanya biasanya dibuat dan dipasang di bawah crane jembatan gantung atau sering disebut dengan crane jembatan eksisting.
Pada sistem dasarnya kegunaan alat ini adalah untuk mengangkat beban dengan berat yang sangat luar biasa, sistem kerjanya tidak jauh dengan alat angkat lainnya. Bentuknya seperti derek gantung atau disebut juga platform pengangkat. Gantry crane didesain sangat mirip dengan overhead crane yang memiliki 2 outrigger di kanan dan kiri yang berbentuk seperti pintu.

Baca Juga : Struktur Material Baja

Jika overhead crane banyak digunakan dan dipasang di dalam ruangan, maka alat ini lebih banyak digunakan untuk keperluan outdoor. Namun kedua alat tersebut sebenarnya juga saling berkaitan, penggunaanya biasanya dibuat dan dipasang di bawah crane jembatan gantung atau sering disebut dengan crane jembatan eksisting.

Perbedaan kedua alat ini terletak pada proses pembuatan dan pemasangannya. Crane jembatan adalah alat yang dipasang secara permanen pada bangunan beton tertanam, sehingga tidak dapat dipindahkan secara langsung jika diperlukan. Namun alat ini didesain agar lebih mudah dipindahkan, kaki dari gantry crane tidak disematkan. permanen pada bangunan beton sehingga alat ini dapat dipilih sebagai alat yang lebih fleksibel. Material fabrikasinya bisa dibilang lebih rendah dan lebih praktis dibandingkan gantry crane.

Sebuah roda dipasang pada bagian dasar alat, yang memungkinkan alat bergerak bebas, sehingga alat ini tidak terikat pada tempat pemasangan. Namun karena ukurannya yang relatif besar, maka penggunaannya juga harus dipilih di lokasi outdoor agar alat dapat digunakan secara optimal.

Apa saja komponen gantry crane?

Ada berbagai jenis gantry crane berdasarkan peran dan fungsi dari gantry crane itu sendiri. Ini termasuk derek serba guna, galangan kapal dan derek gantry kontainer. Namun, komponen gantry crane pada dasarnya hampir identik satu sama lain.

Secara umum komponen gantry crane terdiri dari 3 struktur utama. Tiga struktur termasuk troli, gang dan struktur listrik. Jika mengacu pada fungsi gantry crane dan strukturnya, hoist atau tackle biasanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari trolley.
1. Gerobak
Troli roda gigi adalah komponen gantry crane yang langsung dipasang ke hoist atau kerekan. Alat ini memiliki roda logam dan dipasang pada rel. Saat operator memindahkan muatan secara horizontal, truk ini berperan penting dalam proses pemindahan.

Seperti disebutkan di atas, gantry crane adalah alat pengangkat yang cukup fleksibel. Oleh karena itu troli yang digunakan biasanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kerekan listrik. Namun, hoist yang menjadi bagian dari gantry crane bukanlah hoist listrik biasa. Karena hitch yang digunakan harus dipasang di sidebar, diperlukan penyesuaian khusus pada troli yang digunakan.

Baca Juga : Komponen Pembuat Guard Rail


2. Jembatan pejalan kaki
Bagian gantry crane ini tergolong bagian yang sangat vital. Saat troli bergerak untuk memindahkan beban, struktur ini bertindak sebagai lintasan. Sebagai salah satu pilar kargo, kekuatan gantry crane juga sangat dipengaruhi oleh kekuatan walkway itu sendiri.

Mekanisme gangway pada dasarnya sama dengan gantry crane. Hanya ada perbedaan mekanisme di bagian bawah. Karena derek gantry adalah kerek luar ruangan, bagian bawah kaki penyangga dilengkapi dengan pengukur rel atau klem. Bagian gantry crane ini memastikan tidak ada kecelakaan yang terjadi saat angin kencang.

3. Struktur listrik
Bagian gantry crane pada dasarnya terdiri dari 3 sub-komponen termasuk mesin, kabin dan terakhir penerangan dan sinyal. Konstruksi kelistrikan merupakan bagian penting dalam menjalankan fungsi gantry crane. Pengoperasian mesin secara substansial dimungkinkan berkat struktur bagian tunggal ini.

Derek gantri adalah derek di atas kepala dengan gelagar di atas kepala yang didukung oleh kaki-kaki yang berdiri sendiri dan berjalan di atas roda, rel, atau sistem rel yang membawa geladak, troli, dan kerekan.
Kapasitas angkat gantry crane berkisar dari beberapa ratus pound hingga beberapa ratus ton.
Gantry crane dirancang dalam gaya yang berbeda dengan kapasitas angkat dan muat yang berbeda. Bentuk dan ukuran gantry crane yang berbeda membuatnya dapat disesuaikan dengan berbagai aplikasi industri.
Apakah gantry crane kecil dan bergerak atau besar dan digunakan dalam pembuatan kapal, komponennya terbagi dalam tiga kategori: mekanik, struktural dan elektrik.
Klasifikasi gantry crane dimaksudkan untuk membantu pelanggan memilih dan memasang crane yang tepat untuk suatu aplikasi.