Contact Us

Sistem Pesan Variabel

Sistem Pesan Variabel
03-02-2023
Sistem pesan variabe


Apa itu Gantry VMS?


Variable Message Signs (VMS) adalah tampilan huruf atau rambu, sesuai dengan kondisi lalu lintas yang sebenarnya. Variable Message Signs (VMS), juga dikenal sebagai Dynamic Message Signs (DMS), Variable Message Boards (VMB), atau Changeable Message Signs (CMS), adalah alat kontrol lalu lintas yang penting dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan konstruksi, manajemen kecelakaan, pengguna jalan informasi dan kegiatan pemeliharaan jalan. Selain itu, VMS dapat berfungsi secara efektif untuk kegiatan khusus berskala besar yang mempengaruhi arus lalu lintas secara signifikan.

Seperti peralatan kontrol lalu lintas lainnya, kredibilitas pesan pada VMS sangatlah penting. Tanpa kredibilitas, sekalipun pesan yang disampaikan adalah pesan terbaik, namun akan diabaikan. Yang perlu dibenahi adalah VMS dilarang menampilkan pesan yang menyebabkan pengguna jalan mengabaikannya atau membuat kondisi yang tidak benar. Rambu masih menjadi alat komunikasi terpenting bagi pengguna jalan.

Baca Juga : Jenis Penerangan Jalan umum

Bagaimana cara kerja VMS?



Prinsip kerja dari pengembangan VMS ini adalah :
1. terhubung dengan sensor kendaraan yang dipasang di pintu keluar jalan tol.
2. dapat memprediksi status antrean di gerbang tol,
3. dapat memprediksi waktu tempuh kendaraan menuju pintu keluar tol,
4. memberikan informasi antrian yang sebenarnya di gerbang tol kepada pengguna jalan tol,
5. membantu pengguna jalan tol memutuskan gerbang tol mana yang akan digunakan untuk keluar,
6. Pengoperasian VMS secara terus menerus tanpa bergantung pada catu daya AC dan mengacu pada green energy (misalnya penggunaan panel surya),
7. perawatan dan pengoperasian yang mudah, dan
8. dapat terintegrasi dengan TMC (Traffic Management Center)

Baca Juga : komponen Pembuatan Guard Rail

Apa saja jenis-jenis VMS?


VMS Permanen adalah rambu-rambu yang ditanam di dalam tanah atau pada bangunan atas jalan lainnya seperti jembatan dan terowongan. VMS Portable VMS (VMSP) ini merupakan mercusuar yang dapat dipindahkan ke lokasi yang membutuhkannya. Dalam kegiatan bergerak, rambu portable biasanya dipasang pada truk. VMS ini relatif kecil, namun isi pesan masih dapat dilihat oleh pengemudi yang bergerak dengan kecepatan tinggi. VMS ini digunakan dalam perbaikan jalan dan atau perawatan furniture jalan.