Contact Us

Pengertian dan Fungsi Guard Rail

Pengertian dan Fungsi Guard Rail
29-02-2024
Guard rail

Guard rail atau pagar pengaman jalan adalah sistem pengaman yang terdiri dari rail besi atau baja panjang yang dipasang di jalan-jalan yang berpotensi berbahaya seperti jalan tol, di daerah pegunungan, sepanjang sungai, atau di sekitar jurang. Guardrail ini terbuat dari lembaran baja yang dibentuk menjadi profil beam atau W-Beam melalui proses cold-roll. Ketebalan baja telah dipilih dengan cermat untuk mengurangi risiko terburuk bagi kendaraan yang menabraknya, sehingga beam baja menjadi fleksibel dan mampu menyerap energi dari benturan kendaraan.

 Baca Juga: Sifat Baja sebagai Bahan Struktur Bangunan

Guardrail mampu menyerap sebagian besar energi kenetik dan menahan benturan keras sehingga guardrail di jalan tol berfungsi untuk:

1. Membantu kendaraan agar tidak terlempar keluar.

2. Mengarahkan kendaran untuk kembali ke arah parallel jalan.

3. Mengurangi goncangan hebat dan mengurangi dampak kecelakaan

 

Guardrail memiliki berbagai jenis berdasarkan tingkat fleksibilitasnya, yaitu kaku, semi kaku, dan fleksibel.

1. Guardrail rigid atau kaku

Menurut Peraturan Menteri Nomor 82 Tahun 2018 Pasal ke 2, guardrail rigid terbuat dari beton cor dengan mutu K-350 yang mampu menahan beban tinggi.

2. Guardrail semi kaku

Guardrail semi kaku umumnya dipasang di tikungan jalan, daerah rawan kehilangan kendali, atau di sekitar jurang dengan ketinggian lebih dari 3,5 meter.

3. Guardrail flexible

Guardrail fleksibel umumnya digunakan di jalan lurus sebagai pemisah antara jalan dengan fasilitas lain seperti jalur khusus sepeda, pejalan kaki, dan lain-lain.

Semua guardrail dilengkapi dengan tanda reflektif, yaitu warna merah untuk sisi kiri dan warna putih untuk sisi kanan arah lalu lintas, yang membantu penglihatan pengendara terutama pada kondisi gelap atau malam hari. Penempatan guardrail juga mempertimbangkan ruang bebas untuk defleksi saat terjadi tabrakan, kekuatan material, dan kondisi geografis sekitarnya.


Sumber:

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/09/101200415/mengenal-fungsi-guard-rail-yang-ada-di-jalan-tol#google_vignette.

https://dishub.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/belajar-mengenal-guardrail-55